Rules of Survival vs Free Fire, Mana yang Terbaik?

Spread the love

Sobat DPIB saat ini genre game survival battle royale menjadi populer seiring berkembangnya dunia game mobile. Beragam game dengan tema tersebut hadir untuk menarik perhatian pemain. Namun, di antara banyak game dengan tema tersebut yang hadir, rupanya ada 2 game yang dianggap saling ‘bersaing’ untuk merebut perhatian gamer. Kedua game yang dimaksud adalah Rules of Survival dan Free Fire. Wacana Rules of Survival vs Free Fire ini menarik untuk dibahas lebih lanjut.

https://dpib.web.id/

Tentunya para gamers penasaran mana sebenarnya yang paling menarik di antara kedua game tersebut. Tak perlu khawatir karena selengkapnya akan di bahas di sini.

Sekilas Mengenal Rules of Survival vs Free Fire

Jika selama ini kita banyak mengenal game dengan genre Survival Battle Royale dari PUBG, kali ini ada dua game dengan tema serupa yang akan dibahas. Game yang dimaksud adalah Rules of Survival dan Free Fire. Kedua game ini dianggap menjadi salah satu game dengan tema Survival Battle Royale yang akan cukup populer di Indonesia.

Meski memiliki tema yang sama namun harus diakui jika ada perbedaan yang hadir di antara keduanya. Sebelum membahas perbedaan tersebut lebih jauh tak ada salahnya lebih dahulu membahas secara singkat tentang kedua game ini.

Rules Of Survival

Game Rules of Survival adalah sebuah game produksi NetEase Games. Ini merupakan salah satu game yang diklaim memiliki pemain sejumlah 150 juta pemain terdaftar di seluruh dunia. Gameplay yang dihadirkan game ini secara umum adalah mengajak pemain untuk bertahan hidup di dalam sebuah pulau.

https://dpib.web.id

Di sini ada beberapa mode yang dapat dipilih pemain yang akan bermain di game ini. Mulai dari solo duo, squad sampai dengan firetime. Pemain atau tim yang terakhir bertahan itulah yang akan menjadi pemenangnya.

Ada dua jenis peta yang dapat dimainkan di game ini. Untuk peta yang pertama adalah Ghille Island yang dapat menampung hingga 120 pemain dengan ukuran 4,8 x 4,8 KM. Sedangkan peta kedua adalah Fearless Fiord yang memiliki ukuran lebih besar yaitu 8 x 8 Km. Peta yang kedua ini juga dapat menampung pemain lebih banyak yang dapat mencapai 300 pemain.

Nantinya di awal game pemain akan diterjunkan dalam satu lokasi di dalam sebuah pulau. Ada beberapa item untuk bertahan hidup yang akan didistribusikan secara berkala kepada pemain. Item-item tersebutlah yang akan membantu pemain untuk bertahan hidup dan memenangkan pertandingan.

Free Fire

Jika tadi sudah dibicarakan terkait game Rules of Survival, selanjutnya akan dibahas tentang Fre Fire game. Garena merupakan pengembang yang berada di balik game ini. Di Indonesia sendiri game ini dirilis pada bulan Januari 2018 lalu. Hadirnya game ini turut serta membuat persaingan di dunia game battle royale semakin semarak.

Pasalnya game produksi Garena ini tidak hadir tanpa modal. Melainkan ia siap menghadirkan beragam fitur, keunikan serta gameplay yang tak kalah asyik dengan permainan battle royale lainnya.

Rules of Survival vs Free Fire, Mana yang Terbaik?

Salah satu kelebihan dari game ini adalah ia hadir dengan ‘sedikit’ bug. Biasanya selama bermain game masalah bug ini menjadi masalah yang cukup mengganggu. Namun, kali ini hal tersebut nampaknya tidak perlu terlalu dikhawatirkan saat memainkan Free Fire ini. Pasalnya gangguan akibat bug dapat diminimalisir di game ini.

Di sisi lain jika dibandingkat game battle royale serupa, sebenarnya Free Fire memiliki zona yang lebih kecil. Ini membuat permainan akan berjalan semakin menegangkan dan bisa saja berakhir dalam waktu singkat. Wah, ini akan cocok dimainkan para gamers yang waktunya terbatas ya.

Baca Juga:  Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Bermain Game Free Fire!

Membandingkan Rules of Survival vs Free Fire

Meski memiliki tema game yang sama namun kedua game ini sebenarnya hadir dengan fitur, grafis dan juga beberapa hal lain yang berbeda. Inilah yang kemudian menghadirkan perdebatan. Memang perdebatan seputar Rules of Survival vs Free Fire selalu menarik untuk diperbincangkan. Lalu ada perbedaan apa saja yang hadir? Inilah beberapa di antaranya.

Gameplay

Hal yang pertama dibahas di sini adalah masalah gameplay. Tentu kita sudah mengetahui jika kedua game tersebut memiliki inspirasi awal dari PUBG (Player Unknown’s Battle Grounds). Jadi tak heran jika gameplay yang ditawarkan kedua game ini hampir serupa.

Di mana pemain akan diterjunkan dari sebuah pesawat untuk kemudian diminta bertahan hidup dengan mengumpulkan senjata serta menahan serangan musuh. Nantinya pemain yang terakhir bertahan adalah pemain yang menang. Setiap game dapat dimainkan dengan beragam mode, mulai dari solo, duo sampai dengan tim.

Meskipun secara keseluruhan gameplay hampir sama namun ada perbedaan yang hadir dari ukuran pulau tempat pemain harus bertahan hidup. Pada Rules of Survival ukuran pulau yang dimilikinya adalah 8 x 8 KM. Sedangkan ukuran pulau pada Free Fire tidak diketahui. Selain itu pada Rules of Survival menyokong pemain hingga 120 pemain, sedang pada Free Fire 50 pemain.

Sistem Lingkaran Zona Aman

Secara umum kedua game tersebut memiliki area zona aman. Biasanya ini ditandai dengan lingkaran putih yang terus mengalami penyusutas selama game berlangsung. Berada di luar zona aman akan berpotensi membunuh pemain.

Kedua game tersebut Rules of Survival dan Free Fire memiliki sistem lingkaran sace zone yang hampir sama. Ada dua jenis lingkaran yang hadir di sini. Putih untuk zona aman dan juga merah untuk zona ‘berbahaya’.

Hal ini membuat keduanya memiliki hal konsep lingkaran zona aman yang hampir serupa. Di mana pemain tidak diminta sering berpindah-pindah untuk menuju ke lingkaran lain. Namun, ada sedikit perbedaan yang hadir dari Free Fire. Dimana pada game ini umumnya permainan akan berakhir sebelum zona aman mengalami penyusutan lebih dari 3 kali.

Ini karena lingkungan permainanan dari Free Fire yang lebih kecil sehingga membuat pendaratan pemain lain jadi lebih mudah terlihat. Jadi tak heran jika kemudian pemain dapat menyelesaikan permainan di tempat awal ia datang. Meski begitu di sisi lain ini juga berarti Free Fire membutuhkan gerakan yang lebih cepat serta lebih banyak aksi jika dibandingkan game Rules of Survival.

Peta

Jika berbicara tentang lingkaran zona aman tentu juga harus dipahami masalah peta dari masing-masing game. Rules of Survival vs Free Fire dalam masalah peta memiliki perbedaan. Misalnya pada bagian komponen dari masing-masing peta. Dalam peta Rules of Survival akan lebih banyak ditemui bangunan serta pepohonan yang hadir. Hal berbeda justru nampak dari Free Fire dimana pada game ini pemain akan lebih banyak menemukan tempat terbuka.

Selain itu ada juga perbedaan pada masalah luas dari pulau tempat pemain akan bermain nantinya. Untuk pulau pada Rules of Survival memang lebih luas jika dibanding Free Fire. Kedua hal ini kemudian membuatnya memiliki strategi yang berbeda saat memainkannya.

Untuk yang menyukai game ‘langsung serang’ nampaknya Free Fire menjadi pilihan yang tepat. Ini karena banyaknya ruang terbuka yang dapat dijadikan ‘arena’ bermain untuk bertarung. Berbeda halnya dengan yang menyukai game strategi, maka Rules of Survival menjadi pilihan terbaik. Di mana ada banyak pohon dan bangunan yang dapat dilibatkan dalam strategi pemain.

Baca Juga:  Trik Upgarde Elite Pass Free fire

Kontrol

Masalah lain yang harus diperhatikan dari permainan ini adalah masalah kontrol. Memang hal yang satu ini menjadi perhatian khusus dari para pemain. Ini karena perihal kontrol akan sangat berpengaruh terhadap permainan nantinya.

Lagi-lagi keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar dari segi kontrol. Pada kontrol untuk jarak jauh misalkan, Rules of Survival dinilai lebih unggul. Hal ini dibuktikan pada saat pemain diharuskan berlari cepat serta membidik musuh. Kontrol terhadap kedua hal tersebut lebih mudah dilakukan dalam game Rules of Survival.

Lalu bagaimana dengan Free Fire? Rupanya berkebalikan dengan Rules of Survival, Free Fire cenderung lebih unggul untuk pertarungan yang ada dalam jarak dekat. Tak heran jika kemudian kehadiran fitur auto-aim pada game ini dianggap lebih ‘mudah’ digunakan serta sigap jika dibandingkan dengan Rules of Survival.

Kemampuan Hero

Pembahasan seputar Rules of Survival vs Free Fire akhirnya sampai pada bagian hero yang akan dimainkan pemain. Ternyata meskipun memiliki gameplay yang hampir sama, tapi ada perbedaan yang muncul dari hero keduanya.

Misalkan saja pada hero Free Fire, ada fitur unik yang dimiliki oleh game ini. Fitur tersebut tidak dapat ditemukan dalam game lain yang bertema serupa. Character Stats adalah fitur yang dimaksud dalam game ini. Adanya karakter awal pada game tentu berbeda dengan konsep Rules of Survival atau bahkan PBUG.

Pada kedua game tersebut pemain berperan sebagai ‘nobody’ yang berusaha untuk bertahan hidup. Namun, Free Fire justru hadir dengan hero yang memiliki karakter masing-masing. Setiap hero juga dibekali dengan ‘kemampuan khusus’ yang tidak dimiliki oleh hero lainnya.

Lalu bagaimana caranya menggunakan setiap hero yang ada? Pemain dapat menggunakan hero yang ada dengan membelinya menggunakan mata uang yang digunakan di dalam game. Nantinya hero ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan beberapa taktik tertentu. Semuanya bergantung kemampuan dari hero yang dimiliki. Tentunya ini akan memberi keuntungan tersendiri bagi para pemain nantinya.

Rules of Survival vs Free Fire, Mana yang Terbaik?

Grafis

Rasanya tak lengkap membahas game tanpa membahas grafik yang dimiliki olehnya. Ada beberapa hal seputar grafik yang harus dipahami oleh pemain game ini. Dari segi penampilan harus diakui jika Rules of Survival memiliki grafik yang dinilai lebih unggul jika dibandingkan Free fire.

Keunggulan masalah grafik ini salah satunya dapat dilihat dari pergerakan karakter. Pada Rules of Survival pergerakan karakter lebih terasa ‘halus’ jika dibandingkan pergerakan karakter pada Free Fire.

Tak hanya dari sisi pergerakan. Secara keseluruhan Rules of Survival juga menampilkan tampilan yang lebih detail dan terasa nyata jika dibandingkan dengan Free Fire. Misalnya detail saat pemain mengelilingi pulau, pemandangan sekitar pulau akan lebih terasa ‘nyata’ jika dibandingkan dengan Free Fire.

Masalah grafik ini juga berlanjut pada penempatan tombol kontrol pemain. Kali ini Rules of Survival juga dirasa lebih unggul jika dibandingkan dengan Free Fire. Ada dua buah tombol default yang ahdir di bagian kanan dan kiri untuk tembakan. Tentunya ini akan memudahkan pemain yang ingin berlari sembari menembak.

Pada Free Fire opsi tersebut sebenarnya juga hadir. Namun, ini bukan menjadi opsi default. Jadi pemain harus mengaktifkan fitur tersebut untuk dapat menggunakan tampilan letak tombol sesuai dengan keinginan pemain.

Baca Juga:  Garena Free Fire : 11 Tips & Trik, dan Strategi Melawan Musuh (Bagian 2)

Peralatan Dalam Game

Membahas game tentunya tak lengkap jika tidak membahas peralatan-peralatan yang digunakan di dalam game. Pembahasan peralatan yang pertama jatuh pada senjata yang digunakan pada kedua game tersebut. Pada game Rules of Survival ada total 17 senjata yang dapat dimainkan. Untuk Free Fire sendiri memiliki jumlah yang sedikit lebih banyak dibandingkan dengan Rules of Survival, yaitu 18 senjata.

Selain senjata masih ada banyak peralatan lain yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pemain. Misalkan energy drinks hingga kotak pertolongan pertama. Berbagai peralatan tersebut akan membantu para pemain untuk bertahan hidup lebih lama di dalam game.

Tapi, secara keseluruhan harus diakui jika baik Rules of Survival maupun Free Fire memiliki pertempuran yang kurang terlihat realistis jika dibanding dengan PUBG. Ini terlihat salah satunya dari perbedaan senjata yang tidak ‘hadir’ secara nyata. Misalkan saat menggunakan senjata sniper untuk menembak jarak jauh. Pemain hanya perlu mengarahkan dan mulai menembak, hal ini tentu tidak terasa realistis.

Selain itu kesan tidak realistis hadir dari masalah energi. Mungkin para pemain PUBG biasa melihat  kegiatan berlari yang membutuhkan energi. Namun, hal berbeda hadir pada Free Fire dimana pemain dapat  berlari sejauh apapun dan kapanpun yang mereka inginkan.

Fitur

Jika tadi sudah dibicarakan masalah berbagai perlengkapan yang menyokong permainan sekarang saatnya membahas fitur-fitur yang mendukung para pemain. Harus diakui jika pada masalah fitur Rules of Survival dianggap memiliki fitur chat yang lebih baik jika dibanding dengan Free Fire. Baik dari segi chat game maupun voice chat.

Pasalnya pada Free Fire fitur ini masih sering mengalami delay dan juga dirasa belum sempurna sehingga agak kurang nyaman saat digunakan berkomunikasi. Tak hanya itu Rules of Survival juga ternyata memiliki client desktop yang dapat membuat pemain dapat bermain di PC.

Komunitas dan Event

Baik secara event maupun komunitas sebenarnya keduanya memiliki model yang tidak jauh beda. Pengembang kedua game ini baik NetEase atau Garena sebenarnya belum pernah mengadakan acara resmi yang berhubungan dengan game tersebut.

Tapi, secara umum dapat dilihat jika Garena lebih banyak menggunakan pendekatan Top-down. Ini berarti acara-acara yang diselenggarakan terkait dengan game produksi Garena diadakan oleh Garena sendiri. Jadi materi yang ada menjadi lebih matang serta hadiahnya berarti lebih besar.

Hal berbeda hadir dari NetEase. Ini karena belum diketahui apakah ada perwakilan dari NetEase yang ada di Indonesia atau apakah NetEase bekerja sama dengan agensi yang ada untuk mendukung gamenya. Hanya saja bukan tidak mungkin jika suatu hari akan ada acara resmi yang diadakan oleh pengembang ini jika jumlah pemainnya dinilai besar.

Ternyata ada perbedaan cukup besar yang hadir dari kedua game tersebut. Namun, dapat dilihat jika masing-masing game memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Para pemain di sini dapat menentukan akan memainkan game yang mana sesuai dengan yang dirasa cocok untuk dimainkan.

Obrolan tentang Rules of Survival vs Free Fire memang selalu menyenangkan. Apalagi jika dilihat kalau kedua game ini memiliki pola permainan yang hampir sama. Tapi, ternyata memang jika dilihat lebih lanjut ada beberapa perbedaan yang hadir di dalam game. Lalu apakah sudah diputuskan akan memainkan game yang mana?

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of